Pages

Saturday, February 9, 2013

Kegiatan Membaca Menyenangkan Untuk Anak Usia 1-3 Bulan

SELAMAT PAGI......

Di pagi ini saya mencoba untuk melanjutkan sharing saya mengenai kegiatan membaca yang mnyenangkan untuk anak bayi usia 1-3 bulan.

Sebelum kita bahas apa yang isa kita lakukan kepada bayi kita, lebih baik kita lihat dan amati apa kemampuan anak bayi usia 1-3 bulan. Kalau dilihat lebih detail, kemampuan mereka adalah sebagai berikut:

1.  Bayi mampu meraih dan menggengam benda.

2. Bayi tetap melakukan pengamatan dan pengenalan lingkungan adalah dengan menlihat, mendengar dan mengamati.

3. Bayi masih menyenangi warna kontras dan mulai menyukai gerakan-gerakan yang terputus-putus, sehingga kalau kita amati bayi di usia ini sudah menyukai permainan tepuk tangan, dan ciluk ba. Lihat saja bayi di usia ini akan tersenyum, matanya berkejap-kejab dan tertawa apabila apabila diajak main ciluk ba maupun tepuk tangan.

Hal -hal diatas mendorong kita untuk memberikan stimulus agar anak dapat meningkat kecerdasan.  Dukungan kegiatan yang bisa kita lakukan kepada anak kita bayi berusia 1-3 bulan adalah sebagai berikut:

1. Meletakkan mainan yang berwarna kontras dan menarik dengan cara mengantungnya di tempat tidur bayi, di kursi dorong, di tempat-tempat yang biasa di tempati bayi.

2. mencari buku-buku yang berisi gambar-gambar sederhana, namun dalam bentuk yang menarik dan lucu - mudah dimengerti  , besar dan mempunyai warna kontras . Buku-buku seperti ini biasanya terbuat dari karton tebal atau bahan vynil. buku-buku banyak tersedia di toko buku atau pun di toko mainan atau perlengkapan bayi. Biasanya bahannya aman untuk bayi.

3. letakkan buku di depan bayi, diletakkan dalam posisi berdiri baik di tempat tidur bayi atau di tempat main anak, ataupun di lantai. cobalah baca atau menyebut gambar yang ada dengan menunjukkan gambar -gambar tsb, jangan lupa bahasa dan intonasi kita harus gembira menarik , dan menggunakan bahasa yang lengkap dan benar, misal harimau kita harus menyebutnya Ha-ri-mau tidak perlu dg kata ha-yi-mau, karena hal ini akan menjadi model bayi. Reaksi anak biasanya akan tertarik dan menggapai-gapai gambar tersebut.

4. Membacakan sajak-sajak atau bait-bait lagu anak-anak yang sederhana kepada bayi, jangan lupa intinasinya teratur dan mnerik disertai bahas atubuh kita juga harus mendukung.

sobat-sobat terkasih , apabla ini kita melakukannya denga terutur dan dengan senang hati, anak akan gembira dan meningkat kecerdasannya, kitapun akan selalu bergembira karena langkah yang kita lakukan ternyata mengasyikkan. Cobalah.

No comments:

Post a Comment