Pages

Friday, April 19, 2013

Perlukah menggunakan "Baby Walker" ?

Para bunda yang baik....

Banyak pro dan  kontra mengenai manfaat baby walker sebagai  alat bantu melatih anak mempunyai kemampuan berjalan. Kali ini saya mencoba untuk meninjaunya dari sudut pandang dan pengalaman saya .


Sahabat , kalau kita cermati dalam baby walker terdapat tempat duduk dan dilengkapi dengan anak macam mainan yang bisa mengeluarkan bunyi-bunyian, bergerak-gerak kalau baby walker bergerak dan warna-warna terang, berarti baby walker sebenarnya adalah salah satu alat permainan anak-anak yang sudah mempunyai kemampuan duduk, dimana cara bermain baby walker adalah anak didudukkan di kursi yang ada di baby walker. Bukan untuk melatih kemampuan anak berjalan, karena melatih anak berjalan bisa dilakukan apabila anak sudah bisa berdiri. Dari kemampuan berdiri ini anak dilatih untuk melangkahkan kaki ke depan seperti orang dewasa berjalan. Oleh sebab itu , baby walker ini sudah dapat digunakan sejak anak usia 7 atau 8 bulan.

Hal yang perlu diingat, apabila anak bermain  dengan baby walker adalah anak jangan dibiarkan main baby walker sendirian, tetapi  harus dengan pengawasan dari orang tua, karena  tanpa pengawasan  ada kemungkinan anak akan terjatuh dan dapat mengalami cedera atau luka. Misalnya apabila anak bermain terlalu cepat, baby walker yang dinaiki anak bisa menabrak sana-sini , bisa terguling, bahkan bisa terjatuh dari tangga (jika tempat bermain anak tidak mempunyai penghalang dengan tangga).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bermain baby walker tidak boleh dalam jangka waktu yang lama, sebab anak-anak usia ini sebenarnya  sebenarnya membutuhkan permainan yang variatif untuk melatih kemampuan motoriknya, seperti: guling-guling, tengkurap, mencoret- coret,  duduk, dan berlatih berdiri, dll. Selain itu , anak juga memerlukan bermainan yang interaktif, seperti membaca bersama, dsb.

Baiklah para bunda, mudah-mudahan ulasan kali ini membawa manfaat untuk menambah pengetahuan kita dalam memberikan permainan kepada anak kita.


Salam hangat abadi.






No comments:

Post a Comment