Pages

Saturday, May 4, 2013

Bermain untuk Anak Usia 1 - 1,5 tahun

Selamat pagi bunda......

Kupasan artikel pagi ini tentu saja, masih menlanjutkan kupasan sebelumnya mengenai kegiatan bermain dengan buah hati kita. Masa usia 1 - 1,5 tahun , anak sudah semakin meningkat kemampuan kognitifnya sehingga mereka mampu memperhatikan sebab akibat dari sesuatu yang dialaminya. Mereka juga sudah mamapu mencari cara baru untuk mencapai tujuan, misalnya jika mereka melihat suatu benda, mereka sudah bisa mendekati  dan mengambilnya. Kemampuan lain yang tampak adalah mereka sudah mampu mengenali nama benda dan mengklasifikasikan sesuai nama benda, juga dalam mengeksplorasi mereka sudah tidak memasukkan benda ke mulut. Hal lain yang sangat menonjol adalah anak pada usia ini mulai meniru kegiatan orang tua dan mampu menghubungkan benda dengan kegiatan , seperti makan dengan piring dan sendok, menggambar dengan spidol dll.

Melihat perkembangan di atas menuntut bunda untuk lebih aktif dalam memberikan permainan terhadap anak karena harus merangsang kemampuan mereka .

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bunda adalah

1. Bermain Air

a,Bunda menyiapkan ember yang sudah berisi air, agar menarik berilah pewarna (hari ini menggunakan pewarna merah , hari lain warna yang lain) . pemberian warna ini seklaigus untuk mengenalkan nama warna kepada anak. Siapkan juga botol plastik (bisa dilakukan dengan bekas botol air mineral, dsb) dan gayung atau benda bekas yang dapat untuk menyendok air. Di sini anak diajak bermain mengisi botol dengan air , kemudian menuangkannya dan mengisinya lagi. Permainan ni bisa dilakukan hanya bunda dengan anak bunda saja, atau juga bisa mengajak anak lain dengan tujuan untuk membantu anak kita berlatih sosialisasi. Dalam proses bermain jangan lupa mengamati respon anak dan memotivasi anak untuk bermain.

b,  Cara lain adalah bermain dengan meniru apa yang dialami anak, misal bermain memandikan boneka. Ajaklah anak untuk bermain ini, misal: " Rauf, bagaimana kalau kita mandikan boneka kita"  dan ajaklah anak kita melihat peralatan yang sudah kita siapkan, amati respon anak, berilah dorongan bila anak tampak acuh saja, misalnya: " Lihat , boneka kita sudah siap mandi". kemudian bunda perlu untuk memberi contoh menggunakan peralatan yang sudah kita siapkan sehingga anak akan tertarik dan mencoba melakukan , berilah motivasi. Pada waktu bunda mendemobstrasikan proses memandikan anak , jangan lupa bunda sambil mengucapkan apa langkah untuk memandikan dengan menarik. Amati respon anak. Dalam permainan ini jangan lupa pastikan keamanan dan kenyamanan anak .  Permainan ini bisa dilakukan bunda dengan putranya saja atau juga bisa dilakukan dengan mangajak anak lain.

2. Bermain dengan benda.

a. Klasifikasi benda
Bunda mneyiapkan aneka permainan seperti beberapa binatang, beberapa mobil-mobilan serta 2 kotak mainan yang berbeda warna atau berbeda bentuk. Ajaklah anak memahami konsep boneka binatang, dan kelompok mobil-mobilan. kemudian kita mengajak anak menaruh boneka binatang di kotak satu dan mobil-mobilan di kotak yang lain. amati respon. Berilah motivasi dan penghargaan kepada anak.

b. Cari dimana bendaku.

Bunda perlu menyiapkan 2 kotak kosong dengan tutup, dan 1 mainan kesuakaan anak. Bunda menaruh mainan di dalam kotak dan kotaknya ditutup. Mulailah dengan yang mudah dulu yaitu dengan 1 kotak saja kemudian baru nantinya meningkat mainan ditaruh di dalam kotak satu dan yang lain kosong dan anak diminta mencari dimana mainannya.

a. Langkah awal adalah  kita ajak anak untuk bermain bersama, misalnya dengan: " Salsa, bunda punya sebuah permainan, mau ikut bermain" Kemudian jelaskan tata cara permainan yaitu mencari menemukan mainannya. Misal dengan ucapan: " Bunda akan menyembunyikan mainan ini di dalam salah satu kotak , dan Salsa coba temukan mainannya". Mulailah bermain, dan jangan lupa saat anak sibuk mencari dimana mainannya, berilah semangat, misal dengan perkataan" Salsa pintar, ayo teruskan mencarinya, coba buka tutup kotaknya, dan lihat ke dalamnya". kalau anak menemukan, berilah pujian" Ya, Salsa telah berhasil menemukan mainan di dalam kotak". Lakukanlah ini berulang2.

b. Aapabila anak sudah menguasai dengan satu kotak, cobalah variasi dan teruskan permainan ke tingkat yang lebih sulit, yaitu dengan menaruh satu mainan di kotak yang satu dan kotak yang lain kosong. dan hal ini bisa ditingkatkan lagi dengan memindahkan letak kotak-kotaknya. Terus amati respon anak dan berilah motivasi dan penghargaan terhadap anak.

3. Bermain Memasak - Belanja- atau yang lain

Di sini lakukanlah permaian meniru aktivitas bunda, misal pura-pua bermain pergi belanja ke pasar, atau bermain pura-pura memasak.

Bunda terkasih, di atas adalah beberapa alternatif permainan. Tentu saja bunda bisa mencari dan melakukan permainan anak asalkan sesuai dengan usia tumbuh kembangnya.

Selamat bermain dengan buah hati anda....

Salam hangat abadi