Pages

Saturday, May 4, 2013

Sulitkah Makanan Bergizi bagi Anak?

Agar anak mau  makan, seringkali bunda memasakkan makanan favorit anak. Namun hal ini bukanlah solusi yang baik , bahkan sebaliknya dapat membuat anak menjadi semakin susah diatur pola makannya, sehingga membuat para bunda lebih susah mengatur gizi makanan untuk putra-putrinya.

Setiap anak membutuhkan asupan gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan fisik , psikologis, ssosialnya. Menjadi masalah jika anak hanya mau makanan yang disukainya, dan akan semakin runyam apabila makanan favoritnya mie instant, ayam goreng atau jajanan goreng yang kurang sehat.  Oleh karena itu, para bunda harus  peka terhadap pola konsumsi anak, karena dapat mempengaruhi kurangnya asupan gizi yang diperoleh anaknya.

Pola makan anak , sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua. Apabila orang tua menyukai makanan yang yang rendah lemak , gula dan serat tinggi, maka anakpun akan belajar dan menyukai hal yang sama. Selain lingkungan rumah, lingkungan sekolah juga mempengaruhi pola konsumsi makanan anak, karena pada usia sekolah , anak akan memilih makanan yang ada di kantin sekolah secara mandiri, dan hal ini tentu saja dipengaruhi oleh lingkungan yang ada di sekolah.

Pada periode 1-12 tahun, merupakan usia pertumbuhan dan perkembangan fisik dan  kognitif meliputi memori, pemikiran kritis, kreativitas dan bahasa. Pada usia ini gizi anak harus terpenuhi agar perkembangan kognitif tidak terganggu. Oleh sebab itu, bunda perlu memperhatikan kebutuhan yang kadang kala terlewat yaitu kebutuhan zat besi karena zat besi dapat menimbulkan anemia yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Selain juga kebutuhan akan mineral dan vitamin, protein.

Selain hal-hal di atas, anak-anak juga harus dibiasakan sarapan pagi, karena sarapan pagi memberikan bahan bakar bagi anak yang memerlukan energi untuk beraktivitas serta berpikir sampai dengan tengah hari. Anak dengan pola makan seimbang, akan lebih baik menyelesaikan tugas  sekolah. Seporsi bubur ayam, atau dua butir telur atau satu gelas susu serta buah dapat memberi bekal energi yang memadai, Jangan beri sarapan pagi terlalu manis, karena akan membuat anak cepat lapar. Segelas susu dengan buah lebih baik daripada biskuit yang cenderung manis.


Semoga bermanfaat,  selamat malam...

Salam hangat abadi

No comments:

Post a Comment