Pages

Saturday, February 9, 2013

Kegiatan Membaca Untuk Anak sampai Usia 1 Bulan

Selamat sore teman-teman, apa kabar?

harapan dan doa, sahabat-sahabat terkasih dalam keadaan bahagia dan sejahtera, aamiin.

sahabat,
Banyak orang bertanya apa yang bisa kita lakukan terhadap bayi yang baru lahir? tentu saja banyak, kegiatan membaca untuk membangun kecerdasan bayi yang baru lahir sampai dengan usia 1 bulan dapat kita lakukan, tentu saja arti kegiatan membaca di sini bukan berarti kegiatan melatih membaca bayi yang baru lahir, tetapi kegiatan kita untuk mengenalkan suara, kalimat maupun  wajah terhadap bayi kita.

Sahabat para bunda dan para ayah.... coba kita amati dengan teliti pada bayi kita yang baru lahir, maka akan tampak kalau :
1. Bayi suka sekali menggunakan pendengarannya untuk mengetahui dan mengenali sekitarnya, karena kemampuan penglihatannya memang belum berfungsi optimal.
2. Bayi mungil sampai dengan umur 1 bulan , akan senang sekali melihat dan memperhatikan wajah ibunya, ia juga suka mengamati wajah-wajah, dan bentuk-bentuk terutama yang mempunyai warna-warna kontras, dan segala sesuatu ya ng bergerak-gerak.

Hal-hal di atas akan mendorong kita untuk melakukan kegiatan yang dapat membrikan reaksi positif sekaligus membangun kecerdasan mereka, BAGAIMANA CARANYA?
saya akan share beberapa pengalaman saya dan pengalaman teman-teman saya,

1. lakukanlah kegiatan dengan bayi anda , dimulai dengan mengajak berbicara dengan bahasa yang lembut dan jangan lupa lakukanlah tatapan yang penuh kasih sayang dan penuh perhatian, kegiatan ini akan selalu dilakukan dalam kegiatan rutin dengan bayi kita.

2. Berbicaralah dengan bahasa dan kalimat yang lengkap dan benar , dan disertai dengan intonasi yang teratur dan stabil, tidak usah dibuat kalimat yang cedal (karena ini akan akan belajar mengenali kalimat dan bahasa yang benar dan lengkap).

3. Orang yang ada di sekitar bayi, terutama ibu dan ayah harus selalu menunjukkan wajah yang tersenyum, menyenangkan dan gembira.

4. Menyanyilah dengan lagu yang sederhana, mengandung makna, menggunakan kata-kata yang tepat dan irama yang benar dan tepat.

5. Mengajak bermain bayi kita dengan memperlihatkan  mainan atau benda yang mempunyai aneka macam bentuk dan mempunyai warna kontras, dan lebih baik lagi kalau mempunyai bunyi-bunyian , baik dalam keadaan diam maupun bergerak dengan jarak yang dekat, sehingga bayi dapat melakukan pengenalan dan memperhatikan.

mudah-mudahan dengan beberapa tips ini dapat membantu sahabat yang sekarang sedang mempunyai anak bayi, SEMOGA BERMANFAAT.

selamat sore.

No comments:

Post a Comment