Pages

Saturday, January 26, 2013

MENGENALKAN KEGIATAN MEMBACA PADA ANAK BATITA

Selamat pagi sahabat semua,

Dalam ulasan pagi ini, saya memcoba melakukan sharing atas beberapa hal yang saya ketahui dan saya telah praktekan dalam pola asuh anak saya.

Kami sekarang adalah keluarga yang mencintai kegiatan membaca, membaca adalah kegiatan yang mengasyikan . Perilaku dan kebiasaan ini tentu saja tidak tercipta begitu saja. Memang banyak pendapat di jaman dulu yang mengatakan bahwa anak mulai diajar membaca saat hendak sekolah di Sekolah Dasar, oleh karenanya banyak kegiatan membaca dimulai pada Taman Kanak_Kanak. Hal ini juga dikuatkan oleh beberapa pendapat lain yang mengatakan bahwa belajar dan kemampuan bicara akan diperoleh oleh anak secara natural dan alami sesua dengan tumbuh kembang anak, sedangkan kemampuan membaca harus diajarkan dengan proses pebelajaran yang khusus.

Namun kami mencoba, dengan cara lain, karena kami percaya kemampuan membaca adalah sama dengan proses perkembangan anak untuk kemampuan maupun ketrampilan yang lain. oleh sebab itu, kami mecoba mempersiapkan pola ketrampilan membaca ini dengan beberapa tahapan:
1. masa prenatal
2. masa post natal.

1. MASA PRE NATAL (SEBELUM KELAHIRAN  ANAK).

pada masa ini , kami yakin anak yang ada dalam kandungan bisa diajak berkomunikasi, maka ada beberapa hal yang kami lakukan adalah:
a. mengenalkan huruf-huruf baik dengan nyanyian atau embaca dengan bahasa yang lemah lembut.
b. membacakancerita
c. memperbanyak kebaiasan membaca diri kita, khususnya bacaan yang bemanfaat.







No comments:

Post a Comment