Pages

Saturday, June 15, 2013

AMAN Saat BERLIBUR

Assalamu'alaikum Wr Wb

Selamat malam,

Sahabat-sahabat yang baik...

Menjelang liburan sekolah seperti saat ini, biasanya kita orang tua mulai sibuk memikirkan dan merancang liburan bersama keluarga. Kebiasaan masing-masing keluarga tentu berbeda-beda, ada yang merencanakan liburan keluarga dari jauh-jauh hari, misalnya sudah setahun yang lalu , sehingga mereka sudah dari waktu yang lama membeli tiket dan memesan hotel . Ada juga beberapa keluarga yang memutuskan untuk pergi bersama sesaat setelah mereka mendapatkan waktu yang cocok di antara anggota keluarga. Apapun cara yang dilakukan untuk membuat rencana liburan yang utama adalah setiap keluarga pasti ingin acara liburan mereka seru.

Semua orang tua pasti sepakat untuk mengisi liburan diisi dengan kegiatan yang menyenangkan. Apalagi jika seluruh anggota keluarga dapat berpartisipasi dan menikmati liburan.

Hal yang perlu dipertimbangkan selain perencaaan liburan adalah keamanan saat berlibur, terutama bagi ayah dan ibu yang masih mempunyai anak berusia di bawah lima tahun dan atau yang berusia sekolah dasar. Jangan sampai liburan yang seharusnya menyenangkan menjadi berbuah celaka.

Di bawah ini beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan sahabat semua.

1. Tempat Bermain yang AMAN.
Mencari tempat bermain yang mempuanyai fasilitas aman dan mudah dilakukan pengawasan. Misal: halaman belakang rumah, taman di lingkungan hotel atau rumah, tempat bermain indoor atau yang lainnya.

2. Buat KESEPAKATAN tempat BERKUMPUL.
Apabila liburan diisi dengan pergi ke tempat yang ramai, sebaiknya seluruh anggota keluarga membuat kesepakatan tempat bertemu sehingga apabila tidak sengaja terpisah dari keluarga bisa berkumpul kembali. Jika tersedia , pilihlah pos keamanan, atau pusat informasi dapat dipakai sebagai patokan tempat bertemu bila ada yang terpisah. Kesepakatan ini mohon diulangi agar semua anggota keluarga paham dan mengerti informasi ini dengan benar.

3. Membekali Anak ALAT BANTU.
Orang tua dapat melengkapi catatan kecil dalam tas yang dibawa anak . Isi catatan tersebut adalah nomor telepon dan alamat rumah atau hotel yang ditinggali semasa berlibur, nomor telepon seluler orang tua, atau nomor telepon darurat . Hal ini bermanfat, apabila anak tersesat , dia dapat menunjukkan kertas ini kepada orang lain yang menolong anak.

4. Mempersiapkan PERLENGKAPAN SAFETY.
Apabila liburan diisi dengan kegiatan olahraga bersama , misalnya bersepeda, bermain sepatu roda, berenang atau yang lain. Oleh sebab itu pastikan anak-anak menggunakan perlengkapan safety, agar anak tidak beresiko terkena cedera, walaupun andai terkena musibah bisa mengurangi tingkat resiko. Perlengkapan yang perlu diperhatikan tentu saja tergantung dari olahraga yang dipilih. Misal untuk olah raga naik sepeda, peralatan safety yang dipersiapkan adalah helm, pelindung siku,  pelindung lutut, dan bersepatu. Apabila olah raga berenang, maka peralatan yang disiapkan adalah kacamata berenang, pelampung (jenis pelampung disesuaikan dengan usia anak).

5. Mempersiapkan anak untuk tidak mejadi perhatian orang yang berniat jahat.
Jika keluarga mempunyai rencana berlibur ke tempat wisata baik di dalam kota, di luar kota, maupun di luar negeri, perlulah melindungi identitas anak. Misal ajari anak anda untuk tidak berbicara dengan orang yang tidak dikenal yang menyapa mereka. Oleh karena itu, sebaiknya anak jangan memakai kaos bertuliskan nama anak ataupun memakai perhiasan yang menarik perhatian. Sebaliknya anak lebih baik memakai baju atau kaos yang berwarna atau bercorak terang. Hal ini akan memudahkan mencari anak apabila anak kecil  terlepas dari pengawasan orang tua.

6.Memakai PELINDUNG .
Jika Keluarga pergi berlibur ke tempat outdoor di waktu siang hari, maka lebih baik orang tua mengoleska tabir surya di sekujur tubuh dan wajah anak. Selain itu, orang tua juga perlu menyiapkan topi , sepasang baju ganti dan handuk kecil untuk bisa dipakai anak untuk membersihkan diri dan berganti baju apabila anak berkeringat, kotor ataupun basah.

7. Membawa Bekal MAKANAN  dan MINUMAN
Mengisi tas yang dibawa anak dengan sebotol minuman dan sejumlah makanan sehat. Hal ini diperlukan untuk mengisi perut saat anak sudah merasa lapar, dan orang tua belum menemukan penjual makanan di tempat wisata.

Sahabat semua,
Mudah-mudahan ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan sebelum berlibur. Semoga acara berlibur sahabat semua   aman, dan nyaman.

Salam hangat abadi.
Wassalamu'alaikum Wr Wb


No comments:

Post a Comment