Pages

Tuesday, June 18, 2013

MEMILIH TUJUAN BERLIBUR?

Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Semangat pagi....

Kemana kah tujuan liburan keluarga anda kali ini? Kemana saja tujuan liburan keluarga anda, yang utama adalah ayah dan ibu mempertimbangkan terlebih dahulu jenis tempat wisata dan usia anak anda. Mengapa hal ini diperlukan ? karena ini sangat berguna agar aktivitas selama liburan dapat benar-benar dirasakan semua anggota keluarga dengan optimal , sekaligus hal ini untuk mengatur agar dana berlibur menjadi lebih efektif.

Apabila ayah dan ibu tertarik untuk menyelipkan agenda berlibur ke pantai sebagai salah satu acara berlibur, karena pantai adalah salah satu tempat yang dapat dinikmati anak-anak dengan segala rentang usia , maka yang perlu dilakukan orang tua adalah memilih pantai mana yang akan dikunjungi. Untuk itu, dapat dicari pantai yang masih alami, bersih, dan mempunyai fasilitas yang dibutuhkan , misal: hotel, resor, penginapan, rumah makan , dan lain- lain.

Selain ke pantai, tentu saja tujuan wisata yang lain adalah wisata outbound. Hanya perlu diingat oleh ayah dan ibu. Anak-anak yang sudah dapat menikmati wisata ini adalah anak-anak uang sudah berusia 5 tahun ke atas. Jika ayah dan ibu memilih tujuan wisata outbound, maka yang perlu dipertimbangkan adalah tempat dan jasa penyelenggara . Orang tua perlu memilih jasa penyelenggara yang sudah dikenal  dan direkomendasikan. Hal ini diperlukan mengingat faktor keamanan dan keselamata anak. Apabila tempat dan peneylenggara outboun terkenal dan direkomendasikan biasanya mereka mempunyai instruktur yang mempunyai pengalaman sehingga mereka dapat membimbing anak menikmati kegiatan outbound sesungguhnya dengan relatif lebih aman .

Ada pilihan lain yang dapat dinikmati keluarga adalah pegi ke perkebunan dan  pertanian. Pilihan ini biasanya disukai anak yang berusia 4 - 12 tahun. Kegiatan ini kan menjadi sangat menarik , apabila seluruh anggota keluarga dapat terlibat aktif dalam sejumlah aktivitas berkebun dan bertani. Dan manfaat lain tentu saja adalah keluarga dapat menikmati sejuknya udara dan indahnya alam.

Bagi anak- anak usia remaja , akan lebih menyenangkan jika meraka dapat melakukan aktivitas yang cenderung mengarah ke sporty dan menantang adrenalin mereka bersama ayah dan ibu mereka. Misal: bermain water sport, seperti bermain jetski, banana boats atau parasailing, diving, dll.

Hal lain yang menarik adalah berkunjung ke kebon binatang atau taman margasatwa. Banyak pilihan yang dapat di ambil. misal, akuarium raksasa untuk aneka satwa air laut, maupun taman satwa ait tawar, kebon binatang , taman safari dan lain. Di sini ayah dan ibu dapat memperkenalkan ilmu pengetahuan tentang binatang, dan biasanya ini sangat disukai oleh anak-anak.

Pilihan lain, yang dapat diambil adalah bepergian ke luar negeri. Jika keluarga menjatuhkan pilihan wisata ini, maka kesempatan ini dapat dipergunakan untuk memperkenalkan tentang adat istiadat, budaya, dan iklim yang berbeda. Jika anda mempunyai anak remaja , maka jika keluarga anda mengunjungi negara 4 musim, maka ajaklah remaja anda untuk bermain ski, mendaki gunung, dll. Selain itu, jangan lupa ajaklah keluarga anda untuk mengunjungi theme park di negara tersebut. Seperti: Universal Studio di Singapura, Disney Sea di Tokyo , dan lain-lain. Theme park merupakan tujuan wisata yang cocok dinikmati oleh anak dengan segala rentang usia, sebab segala usia anak akan dapat menikmati wahana permainan yang disediakan.

Selain tempat-tempat tujuan wisata di atas, tenu saja masih banyak lagi pilihan wisata. Sebagai bahan pertimbangan ayah dan ibu dapat meminta rekomendasi kerabat, kenalan atau relasi untuk menemukan tempat tujuan wisata yang tepat. Di samping itu, ayah dan ibu juga perlu untuk mempersiapkan dana . Dan yang paling utama adalah melibatkan anak dalam diskusi menemukan tempat tujuan yang menarik yang kan dipilih.

Sahabat-sahabat terkasih.

Aapabila beberapa hal di atas sudah dilakukan, Insya Allah perjalanan wisata anda bersama keluarga akan menjadi seru dan menyenangkan , sehingga dapat meningkatkan keharmonisan keluarga anda. AAmiin.

Salam hangat abadi..

Wassalamu'alaikum Wr Wb.

No comments:

Post a Comment