Pages

Tuesday, April 30, 2013

Bermain untuk anak usia 4--8 bulan

Selamat malam bunda.........

Kali ini saya akan mencoba menulis lagi tentang bermain untuk bayi usia 4- 8 bulan. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan mereka. Kita hanya perlu mengetahui perkembangan kemampuan mereka, kemudian kita menyesuaikan usia perkembangan  tsb.

Kemampuan tumbuh kembang mereka adalah:

1. Bayi usia ini sudah dapat menikmati mainan yang digantungkan di atasnya bisa menikmati mainan yang  berputar-putar. Dia bisa menikmatinya dengan tertawa-tawa dan bergerak lucu.

2. Anak mulai mempunyai kemampuan untuk meraih benda, mengamatinya dan kemudian memainkannya, bahkan dengan pertambahan usianya mereka bisa lebih mengembangkan kemampuan memainkan benda. Hal ini dikarenakan berkembangnya kemampuan otot-otot motorik kasarnya. Hal-hal yang biasa dilakukan oleh bayi adalah: bayi sudah dapat memukul-mukul benda ke lantai, meja, kepala sendiri, kepala ibunya atau yang lainnya. Kemampuan lain adalah memegang dua benda di kedua tangannya, dan memukulkan kedua benda tersebut seperti bertepuk tangan. Juga tampak kemampuan lain yaitu menjatuhkan benda yang dia pegang berulang-ulang. Bayi mulai mengamati, mendengarkan, menikmati semua bunyi yang dia peroleh.

Melihat kemampuan di atas, kegiatan bermain yang dapat dilakukan terhadap bayi pada periode ini adalah:
Merespon semua kegiatan bayi. Respon positif ini kita berikan pada waktu anak melakukan kegiatan yang benar maupun pada waktu anak melakukan kesalahan. Untuk kegiatan yang benar kita memberikan pujian atau penguatan, misal: dengan ucapan " bagus, adik sudah dapat bermain bola". Respon positif yang dapat kita lakukan apabila anak melakukan kesalahan (misal: memukulkan mainan ke kepalanya sendiri), respon orang tua misalnya: kepala adik untuk disayang, sayangnya seperti ini (dicontohkan cara sayangnya seperti apa). Mainan ini dapat di pukulkan ke papan ini (atau sebut mainan lain yang ada), dan dengarkan bunyinya, indah bukan". Hal yang harus diperhatikan adalah hindari menyalahkan anak.


Memasangkan mainan yang berbunyi dan berputar di tempat tidur bayi.
Mainan yang terpasang ini harus berwarna menarik, menimbulkan bunyi dan dapat bergerak atau berputar. Sehingga bayi apabila dalam posisi terlentang bisa melihat, mengamati pergerakan mainan tersebut dan mendengarkan bunyi yang dihasilkan.

Bermain cari wajah bunda.
Letakkan bayi di depan kita , kemudian kita saling melihat, kita bisa mengatakan , "Adik bisa lihat wajah bunda" kemudian kita menunduk dan saat wajah kita angkat, kita bicara lagi: " Adik , sekarang bunda sudah angkat kepala bunda, mana kepala adik?" dll.

Bermain kaos kaki.
Pada usia ini pakaikanlah kaos kaki yang lembut ,  lucu ada boneka  kepala binatang atau yang lain, atau ada kerincingannya dan berwarna kontras. Kaos kaki ini bisa disediakan beberapa variasi warna dan variasi hiasannya. Pada saat anak melihat kaos kakinya, ia akan memperhatikan kaos kaki dan memainkannya dan berusaha melepasnya .

Bermain bola.
Kita siapkan beberapa bola dengan beda ukuran. Misal kita sediakan 3 bola, 2 diantaranya ukurannya sama yaitu bisa dipegang bayi, dan yang satunya lebih besar. kita memberikan satu bola untuk digenggam bayi, maka kita akan melihat bayi akan memgambil satu bola yang seukuran yang dipegang dan memukul keduanya, kemudian melepasnya atau menjatuhkannya, kemudian ia mencoba memukulkan satu bola tersebut ke bola yang lebih besar, dll. Banyak variasi yang akan ditimbulkan bayi dalam bermain bola ini. Tugas kita adalah memastikan bayi merasa nyaman, dan memberikan respon terhadap perilaku bayi. misalnya: "Adik, ini bola,  bundar dan berwarna biru".  " Adik bolanya bergerak", " Adik bolanya menggelinding "dst.


Bunda terkasih, demikian tadi contoh permainan yang ada, dan tentunya masih banyak lagi permainan yang kita bisa berikan kepada anak. SELAMAT MENCOBA.

Salam hangat abadi.......