Pages

Saturday, April 27, 2013

Jeda perlukah buat Ibu?

Para bunda, selamat malam, apa kabar?

Banyak kegiatan yang dilakukan bunda pada keseharian baik di rumah maupun dalam mengurus keluarga (anak dan suami). Untuk itu perlu sedikit waktu untuk jeda dari rutinitas . Aktivitas yang biasa saya lakukan ini dapat membantu menyegarkan pikiran, perasaan dan menambah energi positif. Aktivitas ini hanya memerlukan waktu 10 - 20  menit , tapi manfaatnya membuat segar baik fisik maupun psikologis .

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Berolahraga ringan, ini akan membuat tubuh lebih kencang , berenergi dan segar, karena pasokan O2 akan lebih baik dalam tubuh kita. Olahraga ringan di sini dapat dilakukan misalnya dengan bersepeda statis, lari di tempat, berjalan santai di rumah, senam ringan dll.

2. Ambil gadget ,telepon atau video chat. Berbincang selama 10 menit cukup membuat hati lebih segar, karena dapat berbagi cerita dan mengejar ketertinggalan berita atau kabar di antara teman-teman.

3. Mintalah suami, atau anak, atau orang lain untuk memijat . Memijat pada bagian yang tegang dan kaku . Hal ini dapat membuat ringan dan segar tubuh anda.

4. Sediakan dan santaplah makanan kesukaan anda tanpa ketergesaan, nikmatilah rasa dari setiap suapnya, sehingga anda akan mendapatkan sensasi dan kenikmatan.

5. Menulis atau membaca dapat meredakan emosi atau kepenatan jiwa. Menulis di buku harian atau di blog dapat meredakan emosi dan menyalurkan energi dan terapi bagi jiwa. Selain itu juga dapat dilakukan dengan membaca novel, majalah , koran, buku puisi , dll.

6. Setel musik kesukaan, mendengarkan musik , meresapi kata-kata dengan penuh rasa dapat menghilangkan energi negatif .

7. Relaksasi, ambil nafas panjang dan nikmati setiap tarikan nafas , anda akan merasa terbebas dari tekanan.

8. Manjakan diri anda dengan perawatan tubuh anda tanpa perlu ke salon kecantikan, anda bisa melakukan sendiri masker wajah, masker mata. Beberapa masker bisa anda lakukan misal dengan irisan/ parutan buah-buahan, atau campuran yoghurt, madu dan outmeal, atau dengan masker instant. Hal ini bila dilakukan sudah dapat menimbulkan kesegaran.

9. Membuka album foto lama, dengan melihat foto-foto lama, mengingatkan anda pada masa lalu yang membahagiakan, ini juga dapat sebagai terapi yang manjur untuk menambahkan energi positif.

Demikian bunda, beberpa tips yang dapat membantu anda untuk ber 'istirahat' sejenak dari kepenatan mengurus rumah tangga.


Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment