Pages

Wednesday, April 17, 2013

Strategi membaca yang menyenangkan bagi anak usia 0 - 3 tahun

Selamat pagi,

Pagi hari yang cerah, sembari menikmati kemacetan jakarta , saya mencoba sharing pengalaman dalam melakukan strategi membaca agar anak menjadi tertarik. 

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam proses kegiatan membaca dengan anak kita yang masih berusia 0-3 tahun, agar mereka merasa nyaman, dan dapat mengoptimalkan kecerdasan sekaligus menanamkan kebiasaan membaca.

1. Bunda harus mendapatkan perhatian anak, dan fokus terhadap gambar yang sedang diperhatikan anak, caranya adalah: bunda mengatakan: " Lihat!", "sayang, Lihatlah ini!".

2. Berikanlah pertanyaan yang berupa fakta-fakta pada anak kita, seperti pertanyaan:
- " Apakah ini?"
- " Apakah yang ...(nama anak) lihat di sini ?"
- " Apa yang sedang dilakukan...(tokoh/benda/gambar  yang ada dalam buku)?"
- dlll.

3. Bunda harus sabar menunggu respon anak, kadang kala anak akan merespon dengan tersenyum saat dia mengenali gambar yang ada dalam buku, atau respon lain (tiap anak mempunyai cara merespon yang berbeda---untuk bunda harus mengetahui cara merespon anaknya). Di sini diperlukan kesabaran seorang bunda menunggu respon anak, karena respon anak akan cukup lama disebabkan kerja otak anak masih lambat , sehingga kita menunggu selesainya proses kerja otak. Mohon berhati - hati, jangan sampai melakukan proses pemotongan proses kerja otak ini, karena akan berdampak nantinya mengganggu proses berpikirnya.

4. Bunda memberikan respon balik.
Bunda memberikan respon balik terhadap respon anak. Misal anak merespon gambar dengan tersenyum, suara-suara atau kata, maka bunda mengucapkan kata seperti: "ya" kemudian berikan jawaban dengan mengulang jawaban anak dengan cara pengucapan yang baik dan benar : "ya sayang, ini burung", " Ya, ini mobil balap"
Bagaimana kalau anak salah dalam memberikan nama atau menyebut gambar? 
Bunda sebaiknya mengucapkan: " ya memang ini mempunyai roda seperti sepeda tetapi ini sebenarnya becak, Becak juga mempunyai roda" di sini diperlukan kejelian bunda untuk tidak menyalahkan anak, karena apabila ini dilakukan akan mempengaruhi perkembangan pola pikirnya dan kepercayaan dirinya.

Bunda yang terkasih, cara merespon kita sangatlah penting karena merupakan pijakan untuk mendukung perkembangan bahasa dan perkembangan kemampuan berpikirnya. Oleh sebab itu sebaiknya, orang tua memberikan kerangka dari keseluruhan bahasa dengan bahsa yang baik dan benar, sehingga ini menjadi model bagi anak kita dalam perilaku mereka berinteraksi dengan orang lain. Seiring dengan bertambah usia dan maka mereka semakin sering terlibat dalam percakapan.

Semangat pagi, selamat beraktivitas. Sukses selalu.

salam,
isti 

No comments:

Post a Comment