Pages

Friday, April 19, 2013

Melatih Kemampuan Anak untuk Berjalan

Sahabat-sahabat bunda...., selamat malam.
Kali ini saya menyapa teman-teman dengan memberikan sharing mengenai " Melatih Kemampuan Anak untuk Berjalan"

Cara melatih anak berjalan anak dengan cara di"titah"  atau dipandu berjalan yaitu meletakkan anak dalam posisi berdiri dengan orang tua / orang dewasa yang melatih berdiri di belakang anak sambil memegang kedua tangan anak. dalam proses ini rangsanglah anak untuk melangkah kedepan seperti orang berjalan. Cara merangsang ini dengan kita berkomunikasi terhadap anak, misal: "ayo kakak kita berlajar jalan, angkat kaki, ayunkan ke depan, satu, dua, tiga, berhasil.... ".

Kapan kita bisa melepas tangan anak dalam proses berlatih jalan, tangan anak bisa dilepas bila anak menunjukkan kemampuan dalam menyeimbangkan badan, cara melepasnya pelan-pelan dari satu tangan kemudian ke dua tangan. Namun apabila anak sudah terlihat kehilangan keseimbangan, orang tua atau orang dewasa yang melatih harus segera memegang tanganya. Hal ini dilakukan agar anak tidak mengalami trauma atau pengalaman negatif yang nantinya membuatnya takut mencoba berjalan .

Latihan berjalan ini dapat klita lakukan mulai anak kita berusia 9 bulan- 18 bulan. Anak bisa dilatih berjalan kapan saja dengan frekuensi yang tidak terbatas asalkan anak merasa nyaman, jangan sampai dipaksa. Oleh sebab itu, orang tua atau orang dewasa harus memahami respon anak apakah anak sedang dalam kondisi nyaman, atau dalam kondisi tak nyaman,

Sesuai dengan tumbuh kembang anak, biasanya anak bisa berjalan pada usia 12 bulan - sampai dengan 18 bulan (hal ini berbeda-bed untuk setiap anak , karena tergantung tahap perkembangan motoriknya dan bagaimana orang tua atau orang dewasa merangsang atau melatihnya). 

Sahabat bunda, demikian obrolan kita malam ini. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment