Pages

Monday, April 15, 2013

Kegiatan membaca untuk anak usia 1 - 1,5 tahun

Selamat malam ....sahabat -sahabat para bunda  tersayang......

Malam ini saya mencoba meneruskan kupasan mengenai kegiatan membaca bagi anak usia 1 - 1,5 tahun. Bagi para bunda yang rajin memperhatikan perkembangan putra-putrinya , usia ini adalah usia perkembangan yang berjalan sangat pesat.

Kemampuan-kemampuan yang nampak pada usia ini adalah:

1. Anak akan nampak lebih sering bermain pura-pura. Anak akan mempergunakan benda untuk dijadikan obyek bermain pura-pura, misal menggendong boneka, menidurkan boneka, dll.

2. mulai belajar menunjuk benda dan tampak pula kemampuan untuk memberi nama pada benda-benda, misal boneka kucing diberi nama pussy, bonekanya diberi nama dede, dll.

3. kemampuan yang tampak menonjol adalah kemampuan meniru tindakan yang dilihat maupun meniru suara - suara yang didengar. Misal: main mobil-mobilan dengan menirukan bunyi mobil ngeng....ngeng, dll.

4. Anak-anak pada usia ini mulai menghubungkan benda dengan kejadian secara lengkap, misal mereka tahu dengan konsep kotak dan tutupnya, dll.

5. hal lain yang menarik, adalah mereka mulai berkembang kemampuan bahasa. Usia ini mengeluarkan banyak suara-suara   yang sepertinya tidak masuk akal tetapi bila kita teliti dengan cermat suara-suara tersebut adalah mewakili ucapan-ucapan kita.


Melihat kemampuan anak kita tersebut, para buda dapat mengoptimalkan dengan beberapa cara

1. Anak pada periode ini , sangat tertarik dengan binatang, orang dan benda-benda di sekelilingnya, oleh karena itu, hal yang perlu bunda lakukan adalah menyediakan, dan membacakan buku yang mereka kenali.

2. Anak pada priode sengan sekali menyanyi, mereka juga suka terhadap bunyi yang punya nada irama  yang ada pengulangan yang sama.

3. para bunda tetap membacakan sajak - sajak yang sudah dibacakan sejak kecil, untuk melatih imajinasinya.

4. Bunda menyiapkan buku cerita dengan cerita sederhana dan isi cerita harus berhubungan dengan kejadian dan pengalaman sehari-hari mereka.


Semoga bermanfaat.....

No comments:

Post a Comment