Pages

Sunday, April 14, 2013

Tips Mencari Sekolah

Selamat siang .....para bunda yang baik.

Pembahasan kali ini akan mengambil topik bagaimana mencari sekolah bagi putra-putri kita . Hal ini perlu diangkat dalam topik pembahasan dalam blog saya  , karena banyak teman yang bertanya dan mengeluh susah mencari sekolah yang cocok bagi putra-putrinya.

SEKOLAH adalah sesuatu yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak kita, baik di usia dini ,  di usia remaja maupun dewasa. Pemilihan sekolah yang cocok tentu saja bukan hal mudah, oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu kita siapkan.

1. Tentukan tujuan pendidikan.

a.orang tua baik bapak dan ibu harus berdiskusi dulu dan menetapkan tujuan menyekolahkan anak. Tujuan ini sangat penting, karena masing-masing orang tua harus menentukan prioritas apa yang diprioritaskan dalam pemilihan sekolah anak, misal: yang dituju adalah pembentukan pengetahuan  (orang tua bertujuan anaknya pintar ), tujuan lain adalah pembentukan karakter, yang lain lagi misal  ilmu dan bahasa asing, atau ada yang mempunyai tujuan ilmu  pengetahuan dan pembekalan agama, atau tujuan lain, maupun kombinasi tujuan dari yang telah disebutkan. buatlah kesepakatan antara ibu dan ayah.

b.Sesudah terjadi kesepakatan antara ayah dan ibu , maka diskusikan dengan anak mengenai maksud dan tujuan tersebut , dan buatlah kesepakatan dan komitmen antara orang tua dan anak mengenai maksud dan tujuan sekolah ( cara melakukannya disesuaikan dengan usia perkembangan anak).

2. Mencari dan membuat daftar Sekolah.

Lakukanlah proses pencarian sekolah baik alamat, visi , misi , kurikulum , sistem pembelajaran, pola interaksi , fasilitas, lingkungan , jarak tempuh rumah ke sekolah dan sebaliknya dan tentu saja budget yang harus dikeluarkan bila anak kita bersekolah di tempat tersebut. (catatan: proses ini bisa dilakukan orang tua saja, bersama orang tua dan anak . semua tergantung pada usia anak).

3. Lakukan sit in /mencoba menjadi siswa di sekolah atau kunjungan ke sekolah yang ada dalam daftar.
Proses ini dilakukan bersama anak. Usahakan kita bisa melihat , mengalami proses belajar ,pola interaksi. Jangan segan - segan untuk melakukan observasi dan interview terhadap bagian yang dirasa perlu , misal: kepala sekolah, atau kepala administrasi, siswa dll.

4. Analisa dan buat skala prioritas.
proses ini dilakukan bersama dengan anak, buatlah analisa baik dari tujuan bersekolah yang telah disepakati dibandingkan dengan sekolah tujuan (visi, misi, kurikulum, sistem pembelajaran, fasilitas, pola interaksi, lingkungan, budget dll) buatlah skala prioritas. khusus untuk anak usia dini kita juga harus melihat reaksi baik body languange, perilaku  maupun perasaan anak.

5. Proses Pendaftaran dan Seleksi.
Berdasarkan hasil analisis dan daftar prioritas lakukan proses pendaftaran dan seleksi. Persiapkan mental, fisik , perlengkapan yang diperlukan.

6. Menerima hasil Seleksi.
Orang tua harus menyiapkan mental anak untuk siap menerima berita baik maupun berita buruk. Di sini peran orang tua sangat berarti, karena apabila anak gagal diterima kadangkala akan menyebabkan perasaan malu, perasaan bersalah , perasaan gagal dan lain-lain. Orang tua harus pandai memberi motivasi , jangan salahkan anak tapi doronglah, dan bersikap anak sebagi "TEMAN".

7, Persiapan memasuki sekolah baru.
Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah persiapan mental, persiapan fisik dan persiapan lain. Lakukan ini dengan melihat usia perkembangan anak. Khusus untuk anak usia dini, hal ini harus dilakukan bersama anak dan harus dikomunikasikan sesuai dengan bahasa anak (jangan diambil alih semua oleh orang tua atau staff orang tua).

Semoga dapat membantu, dan ingatlah "ANAK bukan MILIK kita , melainkan TITIPAN atau AMANAH dari TUHAN"

Salam hangat penuh kasih sayang......................


No comments:

Post a Comment