Pages

Sunday, April 14, 2013

Kegiatan Membaca Menyenangkan untuk Anak usia 8 bulan-1 tahun

Selamat sore bunda yang terkasih,

Kali ini saya akan melanjutkan artikel saya tentang kegiatan membaca yang menyenangkan bagi anak usia 0-3 tahun. Beberapa minggu yang lalu , saya telah membahas tentang kegiatan membaca untuk bayi sampai dengan usia 8 bulan.

Para bunda yang terkasih, tentu kita melihat bahwa anak usia 8 bulan sampai 1 tahun sudah meningkat kemampuannya, seperti anak mampu menyentuh benda dengan jari tangan, memindahkan benda dari satu tangan ke tangan yang lain, membolak-balikan benda, , dan melepas benda dari tangan dimana satu tangan yang lain masih memegang benda lain .

Kemampuan lain yang nampak menonjol adalah kemampuan bahasa. Di usia perkembangan ini anak mulai mampu mengucapkan kata-kata pertama, misal: papa, mam..mam,..dll. selain itu mereka juga mampu memberikan respon apabila ada pertanyaan sederhana dan perintah sederhana, misalnya: mana mata cantiknya? mana senyumnya , mana bonekanya dll.

Pada usia ini, anak juga mampu berpura-pura, misal anak menutup matanya seakan-akan tidur kemudian membuka mata lalu tersenyum, seakan-akan anak berkata: "aku tidak tidur loh, aku hanya berpura-pura". Anak juga mampu menghubungkan benda dengan kejadian, misal: anak melihat ibunya berganti baju, maka anak akan menangis, karena ia tahu kalau ibunya akan pergi.

Melihat dari perkembangan tadi, kegiatan membaca  yang harus dilakukan bunda untuk dapat mengoptimalkan kemampuan dan kecerdasan anak adalah:

1. Memilih buku dengan gambar benda atau kegiatan yang sudah bisa dilihat atau dilakukan. bahan buku ini adalah dari karton tebal dan kaku dan tempatkan di tempat yang gampang didatangi dan digunakan setiap saat. Anak usia ini akan memegang buku, membolak-balik halaman, mengeluarkan suara, dan bahkan menunjuk dengan mata yang bersinar.
2. tunjukkan dan sebut nama gambar, juga beri contoh bunyinya. Anak usia ini akan memahami, dan akan memberikan contoh suara bila dilihatkan gambar, misal : suara kwek..kwek akan disuarakan bayi bila ditunjukkan padanya gambar bebek. anak akan senang mengulang nama , suara, dari gambar yang dilihatnya.
3. Tunjuk dan sebutkan nama dengan memberi penjelasan sederhana kepada anak pada saat  anak diajak bepergian dan anak tertarik melihat sesuatu. Perlu diingat pada priode perkembangan  ini orang dewasa yang disamping anak harus selalu memberikan stimulus dan juga merespon perilaku anak dengan benar dan aktif.


Selamat mencoba,  semoga bermanfaat.








No comments:

Post a Comment