Pages

Sunday, April 28, 2013

Makanan yang Sehat

Sahabat bunda,

Hari ini saya mencoba menurunkan tulisan tentang makanan yang sehat dan mudah untuk dilakukan. Seringkali  bunda bingung mau nenyiapkan makanan sehat buat keluarga (suami dan anak) tetapi takut tidak enak, karena anggapan orang  makanan yang sehat adalah makanan yang rasanya hambar, "anyep" dan tidak menarik. Padahal sebenarnya makanan sehat tidak selalu harus hambar, bagaimana caranya agar makanan yang tidak memakai penambah rasa menjadi lebih enak?
Caranya adalah dengan menambah bumbu dasar yang lebih banyak, semakin banyak kita menggunakan bumbu segar seperti bawang putih, bawang merah, bawang bombay, serai, daun jeruk ,lada atau yang lain akan menambah rasa yang lebih mantab. Biasanya  penambah rasa bisa digantikan dengan bawang putih, sedikit gula halus dan sedikit garam.

Demikian juga bila kita akan memasak  hidangan penutup apakah harus penuh dengan krim dan manis, yang tentu saja akan menimbulkan masalah bagi anak dan keluarga kita karena dapat menimbulkan obesitas. Hal ini dapat kita siasati dengan mengganti dengan yogurt, buah-buahan, madu  atau topping yang yang tidak terlalu manis misal seperti campuran tepung terigu, mentega, gula bubuk, bubuk kayu manis, atau yang lain.

Demikian sharing sore ini semoga bermanfaat.

Salam hangat abadi

No comments:

Post a Comment