Pages

Saturday, April 27, 2013

Bermain untuk Bayi usia 0-1 bulan

Semangat pagi....

Apa kabar di pagi ini? semoga kebahagiaan dan keceriaan hati selalu menyertai para bunda, Aamiin.

Sahabat bunda.....,
Kali ini saya akan mensharingkan beberapa hal mengenai kegiatan bermain pada bayi 0-1 bulan.

Seperti kita ketahui bersama, bulan - bulan awal kehidupan bayi adalah masa adaptasi bayi dengan dunia luar yang tentu saja sangat berbeda dengan yang dirasakan bayi pada saat di kandungan. Secara bertahap dan tanpa putus asa bayi belajar menggunakan kelima panca inderanya. Pertama-tama bayi akan memakai kemampuan pendengarannya untuk mengenal segala sesuatu yang baru baginya.

Namun yang patut kita syukuri, walau indera mata bayi belum berfungsi dengan baik , subhanallah bayi mungil ini dapat melihat, mempelajari wajah bundanya, bahkan memperhartikan dan menirukan ekspresi wajah bundanya.

Mempertimbangkan hal di atas maka peran bunda adalah:

1. Mempelajari apa arti tangisan bayi, misal : bayi sedang lapar/ haus, sedang risih karena pipis, atau buang air besar dll. Di sini pengertian dan respon yang tepat dari bunda atau orang dewasa di sekelilingnya sangatlah berarti bagi bayi, karena hal ini akan menimbulkan pemahaman bagi bayi bahwa dunia baru ini menyenangkan dan membuatnya nyaman.

2. Memberikan stimulus atau rangsangan untuk panca inderanya, untuk diawal merangsang pendengaran terlebih dahulu, rangsanglah banyi anda dengan kalimat yang benar dan lengkap disertai intonasi yang menyenangkan, Hal ini diperlukan agar anak mengenal dan memahami yang benar (jangan buat kalimat yang tidak benar dan jangan disuarakan dengan cedal). Dalam langkah ini yang diperlukan adalah menceritakan dan memberitahukan apapun kegiatan bunda dengan bayi kepada bayi. Mulai dari bangun tidur, misal: ucapkan salam saat anak bangun , dan menceritakan kegiatan apa yang akan dilakukan pada saat anak bangun, dst.

3. Kegiatan yang sangat menarik adalah saat memandikan bayi, ajaklah anak terlibat dalam proses persiapan mandi, misal mengatakan kepada bayi " adik , ayuk kita mandi yuk, supaya badan kita bersih dan segar, sekarang bunda ambil handuk untuk mengelap , sabun untuk membersihkan badan dan membuat wangi, dan air supaya segar, bisa dijelaskan juga urutan kegiatan mandi dsb. Dalam proses mandi ajaklah berkomunikasi dan tataplah matanya, buatlah situasi yang menyenangkan , bisa saja ibu menyanyikan lagu, memperdengarkan musik, ataupu membacakan pantun. Di sini yang diperlukan adalah bayi merasa nyaman, dan mendapatkan pemahaman yang benar tentang mandi.

4. Pijat bayi, setelah mandi dan dikeringkan, disini berdasarkan pengalaman : saya biasanya mengoleskan baby oil atau baby lotion kemudian saya lakukan pijat bayi secara lembut (saya melakukan sesuai langkah2  yang diajarkan  rumah sakit dimana saya melahirkan). Dalam mengoleskan lotion atau oil saya jelaskan mengenai kegiatan ini dan aroma apa yang tercium, agar anak juga belajar mencoba kemampuan indera penciumannya. Saat memijat bayipun saya juga berkomunikasi dan menceritakan kegiatan dan manfaat pijat bayi terhadap bayi kita, dan tak lupa menyanyikan lagu, atau memperdengarkan musik.

Kegiatan -kegiatan di atas tentu saja dapat ditingkatkan sesuai dengan pertambahan usia bayi.

Akhir kata, selamat menikmati akhir pekan.

salam hangat.