Pages

Monday, April 29, 2013

Malas mengunyah?

Bunda ...Selamat pagi....

Pagi yang cerah kali ini menginspirasi saya untuk mengulas sedikit tentang bagaimana cara melatih anak untuk mengunyah. Bagi orang dewasa menguyah adalah mudah , tetapi  bagi anak kita hal ini idaklah demikian apabila tidak dilatih akan membuat mereka, malas mengunyah.

Beberapa tips yang saya pernah  lakukan adalah:

1. Menyiapkan makanan disesuaikan dengan usia tumbuh kembang mereka, saat bayi kita makan bubur maka makanan yang kita siapkan bubur halus, dan perlahan-lahan bubur halus ini kita ganti dengan yang sedikit kasar, agak kasar, dan akhirnya kasar. Bagaimana cara menyiapkannya adalah dengan mengganti saringan makanan yang kita pakai, pertama -tama yang kita pakai saringan dengan pori-pori halus, kemudian diganti dengan pori-pori yang lebih besar, dan seterusnya berganti yang lebih besar lagi, dan akhirnya tanpa saringan. Mengapa saya menggunakan saringan , karena tekstur dari makanan tetap ada walaupun kecil sekali. Ada beberapa bunda yang menyiapkan makanan bayi dengan blender , hal ini sah-sah saja, tetapi jangan sampai keterusan , cepatlah berganti dengan tekstur yang agak lebih  kasar yang disesuaikan dengan pertambahan usia bayi. Apabila ini tidak dilakukan maka anak akan malas mengunyah, karena kalau makanan sangat halus, bayi tinggal menelan saja.

2. Berilah contoh bagaimana cara makan dan ajarkan dengan sangat menyenangkan, misalnya; Adik , ayo kita makan yuk,  biar badan kita sehat dan kuat, Enak loh masakan bunda hari ini, sup ayam dll" kemudian anak diajak untuk makan , dengan cara menyuapi dan mengkomunikasikan cara makan, biasanya saya mengatakan : SUAP-KUNYAH -TELAN, dan ini dilakukan dengan berulang-ulang dan dengan intonasi yang nyaman bagi anak kita. Jangan lupa kita juga memberi contoh bagaimana menyuap dan mengunyah dan menelan. Apabila anak berhasil berilah pujian, misalnya:" Alhamdulillah, adik sudah pandai makannya". dan apabila belum berhasil jangan dimarahi tapi berilah motivasi, misal: "bagus, adik sudah belajar mengunyah, besok kita belajar lagi ya, makan bersama bunda , kita cari menu yang enak ya, biar belajarnya syiik". Apabila hal ini kita lakukan dengan sabar dan telaten, maka anak akan melihat, mendengar, mendapatkan pemahaman dan akhirnya melakukan cara makan yang benar, yaitu dengan memasukkan makanan, mengunyah dan menelan.

mudah-mudahan tips dapat menjadi suatu referensi buat para bunda....
Semangat pagi....

Salam hangat abadi

No comments:

Post a Comment