Pages

Sunday, April 28, 2013

Bermain untuk Bayi usia 1-3 bulan

Hai apa kabar bunda.....


Tulisan kali ini saya mencoba  mengupas tentang beberapa contoh bermain dengan bayi berusia 1-3 bulan. Tentu saja, jenis permainan di sini adalah jenis permainan yang disesuaikan dengan kemampuan bayi.  Pada periode ini kemampuan bayi sudah mulai berkembang, ia dapat mengamati dan mendengar.

Kemampuan mengamati , bayi mampu mengamati benda-benda yang berwarna kontras, dan lama kelamaan bayi mampu menggerak-gerakkan tangannya dan mengamati dengan seksama. Sedangkan kemampuan mendengar, bayi mampu mendengarkan suara-suara baik yang diperdengarkan maupun yang dibuat sendiri. bahkan ia mampu mengulang gerakan yang menimbulkan suara tersebut.

Beberapa kegiatan bermain yang dapat dilakukan adalah;

1. Perdengarkan musik klasik , disesuaikan dengan kegiatan (misal: musik untuk tidur, bermain, dll).

2. Mengajak bayi untuk bermain dengan benda yang dapat bergoyang  berwarna kontras dan menimbulkan bunyi. Hal yang perlu diingat adalah bahan dari mainan dipilih yang untuk bayi dan jangan bersudut tajam, ukurannya tidak dapat dimasukkan ke mulut. Alat permainan ini misalnya kerincingan atau bahasa Inggris disebut "ratlle". Bermain kerincingan ini dapat dilakukan dengan cara bayi telungkup maupun terlentang. dimana masing-masing posisi bayi mempengaruhi apa yang akan kita latih pada bayi.

Bermain kerincingan dengan posisi bayi terlentang.
Di sini bayi akan bermain dan berlatih meraih benda, menggoyangkan, dan mendengar bunyinya. Cara yang kita lakukan adalah: menidurkan bayi dengan posisi terlentang, gantungkan kerincingan di atas bayi (dengan jarak yang dapat diraihdan terlihat oleh bayi) pastikan posisi ini aman dan kerincingan tidak jatuh saat ditarik bayi. Langkah yang kita lakukan adalah menggoyang-goyangkan kerincingan sehingga menimbulkan bunyi, ini dimaksudkan untuk menarik perhatian bayi. Setelah bayi tertarik maka , bayi akan mencoba meraih, dan apabila bayi mampu meraih jangan lupa berilah penghargaan: "Alhamdulillah, adik berhasil meraih kerincingan, sekarang adik bermain kerincingan, dan coba kita dengarkan kerincingannya berbunyi ya...".

Bermain kerincingan dengan posisi bayi telungkup.
Bayi diletakkan telungkup di atas kasur (baik di tempat tidur maupun lantai).  Letakkan kerincingan dengan posisi di atas bayi (dengan jarak yang dapat diraih dan dilihat oleh bayi). yang pertama harus kita lakukan adalah menyebutkan mainan dan warnanya  , ini untuk melatih pengamatan bayi. Kemudian amatilah bayi anda, biasanya bayi akan mencoba mengangkat kepala dan mengangkat bahu. Berilah pujian dan dorongan kepada usaha anak ini, misal : "Adik , ini ada kerincingan yang dapat berbunyi , adik sedang melihatnya ya? Mari kita mainkan ", dll.

Permainan di atas adalah contoh, tentu saja kerincingan bisa diganti gelang-gelang warna-warni atau yang lainnya, asalkan lembut, ukurannya tidak dapat dimasukkan mulut, ringan, warna kontras dan mampu menimbulkan suara.

Sahabat bunda, nanti kita sambung dengan artikel yang lain.

salam hangat abadi......

No comments:

Post a Comment