Pages

Sunday, April 14, 2013

MEMPERSIAPKAN PUTRA-PUTRI ANDA UNTUK MENGHADAPI UJIAN

Sahabat Bunda yang terkasih........................................

Tak terasa kita telah sampai di bulan April, di mana bulan -bulan terakhir  ini adalah waktu yang sangat menegangkan bagi para bunda yang putra-putrinya sedang menghadapi ujian akhir sekolah .
untuk itu, dalam forum ini saya mencoba mengulas " Tips  bunda untuk dapat membantu putra-putrinya  sukses menghadapi ujian ".

Hal yang perlu bunda perhatikan adalah:

A. Persiapan Mental.
Persiapan mental sangat memberikan pengaruh yang sangat besar bagi putra-putri anda. Secara psikologis mereka mengalami ketegangan atau stress menghadapi ujian karena biasanya mereka : merasa belum siap, takut gagal . Oleh karenanya upaya  yang harus dilakukan adalah membuat mereka merasa nyaman, misalnya: mereka diperbolehkan refreshing dg cara: mendengarkan lagu, tidak mendoktrinkan putra-putri anda dengan target yang memberatkan, memaksa putra-putri anda untuk belajar (kadang kala kita para bunda tidak sadar justru memberikan beban mental). Bantuan membuat nyaman dan kondusif  untuk mental putra - putri anda akan menciptakan suasana mental yang tidak stress, sehingga akan memgoptimalkan syaraf-syaraf berpikir putra-putri anda.

B. Persiapan Fisik.
Peran bunda adalah membantu menjaga kesehatan putra-putrinya , misalnya dengan menyiapkan asupan makanan yang bergizi dalam porsi yang benar, menyiapkan tambahan /suplemen/ vitamin sehingga menjaga stamina kesehatan putra-putri anda.  karena apabila kondisi fisik putra-putri anda prima maka kemampuan berpikirnya  menjadi optimum.

C. Persiapan Kelengkapan Peralatan.
Peran bunda adalah melakukan konfirmasi akan kelengkapan peralatan-peralatan yang diperlukan dalam ujian kepada putra-putrinya .

D, Doa.
 Satu hal ini sangat penting dilakukan para bunda adalah  berdoa agar putra-putrinya diberikan kemudahan memahami soal, mengerjakan dan membuat jawaban soal.
Hal lain adalah mengajak dan mengingatkan putra-putri anda untuk selalu berdoa baik dalam ibadah rutin harian, menambah ibadah  sunah dan selalu berdoa sebelum memulai membaca dan mengerjakan soal ujian.

Hal-hal diatas semoga dapat membantu mengurangi stress para bunda dalam mempersiapkan putra-putrinya dalam menghadapi ujian, akhir kata jangan perlihatkan kecemasan dan ketegangan bunda , karena ini akan sangat mempengaruhi kondisi kejiwaan putra-putri anda.

Selamat  mencoba, sukses slalu.



No comments:

Post a Comment