Pages

Wednesday, May 15, 2013

Melatih anak bawah 1 tahun Tidak Mengompol

Bunda terkasih....

Pada awal masa kehidupan anak , mereka belum dapat melakukan komunikasi dengan kita apa yang mereka lakukan dan mereka inginkan termasuk ketika mereka ingin buang air kecil maupun melakukan kontrol terhadap buang air kecilnya. Banyak ynag dilakukan oleh para bunda dalam menyikapi hal ini adalah dengan menggunakan pampers. Memang hal ini akan praktis dan tidak merepotkan, akan tetapi ada beberapa kelemahan adalah kita tidak tahu jadual dan ritme kapan anak bunag air kecil.

Banyak bunda yang mencoba menyiasati dengan mengkombinasikan penggunaan pampers dengan tanpa menggunakan pampers. yaitu pada waktu di rumah baik siang atau malam hari tidak menggunakan pampers dan sewaktu diajak bepergian menggunakan pampers. Lalu timbul pertanyaan apakah ini tidak merepotkan karena akan mengganggu tidur para bunda?

Saya akan mencoba sharing pengalaman saya sewaktu melatih kedua anak saya , sehingga mereka tidak mengompol. Langkah-langkah adalah sebagai  berikut:

1. Mengatur jam minum terakhir bayi. yang saya lakukan adalah mengatur pemberian minum bayi  dan melakukan jadwal kapan terakhir bayi kita minum terakhir. Bayi terakhir saya berikan ASI adalah beberapa saat sebelum tidur yaitu antara jam 8- 9 malam, setelah itu saya biasakan anak ,saya berikan air putih kemudian saya ajak ke kamar mandi untuk bersih -bersih cuci kaki, cuci tangan ,  kemudian saya lepas celananya dan saya coba pipiskan dengan menyalakan kran air dan mengajaknya komunikasi dengan suara lembut dengan kata-kata misalnya: " Rizal sayang, kita pipis dulu sebelum bobok". Di awal -awal latihan seringkali tidak berhasil tetapi di saat - saat kemudian latihan ini berhasil membuat anak bisa buang air kecil sebelum tidur.
2.Lakukan pengamatan kapan anak buang air kecil. Disini saya lakukan pencatatan jam berapa saja anak buang air kecil. Pencatatan ini saya lakukan selama beberapa hari. Dari sini saya mendapatkan jadual jam berapa bayi saya buang air kecil.

3. Dari data tersebut, saya mendapatkan hasil, bayi akan buang air kecil adalah sekitar jam 3 pagi, maka yang saya lakukan adalah mengajaknya buang air kecil sebelum jam 3 pagi, dimana asumsi saya adalah kantung air seni sudah penuh. Bayi saya usap lembut dengan perkatan: " Rizal, ayo kita kamar madi dulu ya". kemudian setelah di kamar mandi saya lepas celana dan saya membuka kran air. Pada watu anak mendengar gemericik air, ia langsung dapat buang air seni.

4. Setelah buang air kecil saya lap dan saya pakaikan celana, sambil saya berkata:"Rizal anak pintar, Alhamdulillah sudah tidak ngompol lagi, Rizal anak bunda yang hebat".

Bunda terkasih,
Demikian tadi pengalaman saya dalam melatih anak usia di bawah 1 tahun untuk tidak mengompol lagi.
Mudah-mudahan bermanfaat.

Salam hangat abadi.....


No comments:

Post a Comment