Pages

Saturday, May 4, 2013

Pola Makan Anak

Semangat pagi....bunda...

Sudahkah berolahraga pagi ini?
Alhamdulillah pagi ini cerah sekali, sehingga para bunda dapat melakukan aktivitas bersama keluarga.

Bunda terkasih,

Pola makan bagi anak sangat berpengaruh terhadap asupan gizi anak, dimana kita ketahui bersama bahwa hal ini sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental, kognitif, emosi mauoun sosial anak kita. Pola makan anak sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, pola makan orang tua, pengaruh lingkungan sekolah, maupun aneka pengaruh dari luar misalnya : televisi, dunia maya, maupun pengaruh dari iklan-iklan makanan cepat saji, makanan ringan ,dll yang sekarang sangat membombardir kehidupan anak. Mengantisipasi hal ini tentu saja bunda harus pandai menyiasati supaya dapat mengatur pola makan anak, agar kebiasaan anak menjadi lebih baik.

Cara yang dapat bunda lakukan adalah

1. Berilah kebebasan anak untuk menentukan apa yang ingin dimakannya dan berapa banyak jumlahnya. Namun bunda juga jangan segan-segan untuk menawarkan jenis makanan baru , walaupun pada awalnya anak akan menolaknya.

2. Menu yang ditawarkan kepada anak sebelum anak memilih adalah menu yang lebih banyak terdiri dari makanan yang dimasak dengan rendah lemak, dan  lebih banyak dipanggang dan direbus dibandingkan makanan yang dimasak dengan digoreng.

3. Buatlah makanan dengan sedikit garam, dan jauhkanlah garam dari meja makan .

4. Ajak dan libatkan anak dalam proses menyiapkan menu, mengolah masakan maupun dalam proses menghidangkan makanan . Hal ini akan menambah antusias anak dalam menyantap makanan, karena ia merasa terlibat dalam prosesnya.

5. Siapkanlah makanan camilan buah-buahan atau sayur. Dalam hal ini bunda harus pandai mengatur menunya, bisa saja bunda siapkan salad buah, selada bangkok, buah segar potong, juice buah atau campuran buah dan sayur, dll.

6. Jangan terlalu ketat dalam membatasi makanan. Sesekali bolehlah anak menikmati makanan dari restoran cepat saji, atau yang manis - manis seperti permen. karena kalau tidak boleh sama sekali anak juga akan merasa dikekang dan bahkan akan menyebabkan anak penasaran dan mencoba tanpa persetujuan bunda. Untuk pembuatan jadual kapan boleh makan masakan cepat saji dan permen, tentukanlah bersama dengan anak, dengan bentuk diskusi tentang manfaat dan kejelekan dari makanan tersebut .

7. Membiasakan dan memastikan anak anda sarapan. Sarapan pagi memberikan energi yang cukup untuk belajar dan berkosentrasi di sekolah.

Demikian bunda beberapa tips yang coba saya sharingkan, mudah-mudahan dapat diambil manfaatnya.

Selamat mencoba.

Salam hangat abadi.



No comments:

Post a Comment